GURIHNYA UMKM KERIPIK DI DESA GONTORAN

  • Sep 22, 2023
  • PKL/FDIK/Entih Aluhhima Afryanda, Annisa Rahmah

Gontoran, Lingsar-Keripik merupakan makanan khas Indonesia yang tempatnya bisa ditemukan disetiap daerah di Indonesia. Keripik merupakan makanan ringan yang bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja. Hal tersebut membuat banyak orang ingin membuat usaha keripik karena proses pembuatannya yang cukup mudah salah satunya adalah Mu'adah di Desa Gontoran Kecamata Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.

Mu'adah sudah memulai usaha Keripik sejak beberapa tahun yang lalu dengan dibantu oleh beberapa karyawan yang berasal dari Desa Gontoran.

Adapun jenis keripik yang dibuat oleh Mu'adah ini yaitu keripik singkong, keripik talas dan keripik pisang. 

Mu'adah sendiri memproduksi keripik 3 karung singkong, talas dan ubi. Untuk pemasaran produknya Mu'adah sudah menjual diberbagai daerah di Lombok seperti lombok timur, Lombok Tengah, Lombok Barat dan sekitarnya. 

"Kadang disini banyak ibu-ibu yang memesan keripik untuk dibawa kesekolah", Ujan Mu'adah.

Untuk proses pembuatannya, Mu'adah mempersiapkan bahan-bahan seperti singkong, ubi, dan pisang kemudian semua bahan tersebut dikupas kulit luarnya lalu dibersihkan dengan air dan diiri dengan pisau yang sudah disiapkan.

Sambil menunggu semua bahan diiris, Mu'adah dan karyawannya mempersiapkan wadah dan minyak goreng agar segera mendidih. Setelah minyak goreng mendidih, maka proses penggorengan langsung dimulai.

Keripik yang sudah matang akan ditaruh di wadah dan diberikan bumbu dan setelah dingin langsung dikemas.

 

PKL/FDIK/UINMATARAM/Annisa Rahmah, Entih Aluhhima Afryanda