PEMBUATAN TALUD (SALURAN IRIGASI) BAGI PETANI DI DUSUN GONTORAN TIMUR DESA GONTORAN

  • Sep 25, 2023
  • PKL/FDIK/UIN Mataram/Annisa Rahmah

Gontoran- Pemerintah Desa Gontoran telah menjalankan Program kegiatan Talud Saluran Irigasi untuk meningkatkan inprastruktur pertanian dan memperlancar pengairan irigasi bagi petani yang ada di Dusun Gontoran Timur, (25/09/2023)

Kegiatan ini juga merupakan prioritas Nasional yang menjadi kewenangan Desa, yakni ketahanan inprastruktur yang layak untuk masyarakat khususnya yang bergelud dibidang pertanian.

Kegiatan ini di dampingi langsung oleh Kepala Desa Gontoran selaku penanggung jawab, Kaur perencanaan sebagai pelaksana. seluruh lapisan masyarakat seperti bidang kelembagaan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Permusyawaratan Desa (LPM) dan Lainnya turut serta dalam mengawasi kegiatan pembuatan talud.

untuk lokasi pembuatan berada di Dusun Gontoran timur dengan Volume 41. 755 m3 dengan jumlah tenaga kerja yaitu 7 orang.

proses kegiatannya diawali dengan pembersihan area talud, kemudian dilanjutkan dengan proses pengerjaan, opnam atau hasil pengerjaan dan tahap akhir yaitu laporan hasil kegiatan. 

Asrudin selaku kaur perencana pun menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah hampir selesai dan siap untuk dioperasikan.

"untuk pengerjaan hari ini sudah mencapai 95%" Ujar Asrudin selaku kaur perencana.

 

PKL/FDIK/UIN Mataram/Annisa Rahmah.