PERSIAPAN PEMBAGIAN FORM SURVEY PENDATAAN KUESIONER SDGs

  • Sep 18, 2023
  • PKL/FDIK/Annisa Rahmah, Entih Aluhhima

Gontoran, Lingsar- Dalam rangka percepatan pencapaian pembangunan Nasional berkelanjutan, Desa Gontoran Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat melakukan survey pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) Senin, (18/09/2023).

SDGs merupakan program Internasional atau program tahunan yang merupakan program untuk pembangunan Desa sesuai dengan kebutuhan Desa Itu sendiri. Sehingga dengan adanya SDGs ini Desa dapat menentukan sendiri posisinya seperti pemerataan kemiskinan, pemerataan pembangunan dan dapat mengambil suatu rencana untuk Desa kedepannya. 

Program SDGs di Desa Gontoran sempat tertinggal pada tahun 2017 dan kembali aktif pada tahun 2021 silam. Sejak saat itu pendataan SDGs terus mengalami perkembangan  setiap tahunnya. Sekertaris Desa Gontoran, M. Azizi Syahroni pun mengungkapkan perlunya diadakan pendataan karena setiap tahunnya pasti ada perubahan penduduk dan perkembangan penduduk sehingga data dapat diperbaharui lagi.

Adapun sistem pembagian formulir tersebut dilakukan oleh TIM yang terdiri dari 2 bagian, yaitu pendataan dan peng-inputan data. Tim tersebutlah yang nantinya akan melakukan pembagian formulir kepada masyarakat.

Persiapan pembagian formulir dilakukan pada pagi senin dengan menghitung jumlah Formulir Survey Pendataan yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat oleh TIM SDGs Desa Gontoran Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat.

Formulir dibagi menjadi dua bagian yaitu Formulir Individu yang di isi oleh masing-masing masyarakat dan Formulir Keluarga yang diisi satu Kartu Keluarga (KK). 

 

Gontoran/PKL/FDIK/UIN Mataram/ Annisa Rahmah, Entih Aluhhima Afryanda.